Rektor UMSU Dr. Agussani M.AP didampingi wakil rektor I Dr. Muhammad Arifin, M.Hum. dan Wakil Rektor II Akrim, S.Pd.I. M.Pd melepas sebanyak 4 orang Mahasiswa Umsu untuk mengikuti program pertukaran Mahasiswa Keguruan Se-Asia Tenggara di Bangkok, Thailand. Di Kampus utama UMSU jalan Kapten Mukhtar Basri Medan. Rabu.

Ke 4 Mahasiswa tersebut berasal dari prodi bahasa ingris dan prodi matematika, mereka akan berada di Thailand selama kurang lebih 1 bulan.

Rektor UMSU Dr. Agussani M.AP yang diwakilkan oleh WR I Dr Muhammad Arifin, M. Hum berharap mahasiswa UMSU yang mengikuti program SEA – TEACHER  dapat membawa nama UMSU dikancah Internasional, cepat beradaptasi dan memperhatikan zona merah dan tetap berhati hati, di wilayah yang terlarang, menyesuaikan dengan pola makan yang sehat dan menjaga nama baik UMSU di negara tempat mengajar, ungkap nya  Wakil Rektor 1 juga mengapresiasi kinerja KUI UMSU yang semakin lama semakin meningkat

SEA-Teacher Project atau juga biasa disebut dengan Pre-Service Student Teacher Exchange in Southeast Asia, merupakan sebuah program yang bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa dari Universitas yang ada di Asia Tenggara untuk memiliki pengalaman praktikum mengajar di sekolah-sekolah di negara-negara lain di Asia Tenggara.

Program SEA-Teacher Project ini diinisiasi oleh Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO). Sebuah organisasi yang didirikan pada tahun 1965 yang melibatkan negara di Asia Tenggara untuk mempromosikan kerja sama di bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan di negara-negara anggota.

Terdapat sebelas negara anggota SEAMEO yang bekerja sama dalam program ini. Salah satu tujuan besarnya yakni bekerja sama untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Asia Tenggara dan merevitalisasi pendidikan guru dan terus membangun dan memperkuat kapasitas guru di wilayah negara asal.

“Pertukaran mahasiswa ini rencananya akan mencakup bidang bahasa Inggris dan sains (fisika,biologi, kimia, dan matematika). Namun, kesempatan juga terbuka untuk disiplin ilmu pendidikan dan sosial,” durasi pelaksanaan program ini adalah selama satu bulan dan berdasarkan mekanisme cost sharing basis artinya biaya selama tinggal di negara tujuan adalah hasil mekanisme universitas penyelenggara dan peserta.

Universitas Muhammadiyah sumatera Utara juga menerima mahasiswa dari luar negri yakni Thailand dan Filiphina yang nanti nya akan di tempat kan mengajar di sekolah menengah atas di kota Medan

Tujuan dari program ini adalah untuk mengaktifkan mahasiswa calon guru untuk terampil dalam belajar dan membelajarkan. Selanjutnya, peserta juga diarahkan untuk terlatih dalam kemampuan berbahasa Inggris

Kegiatan Pelepasan program pertukaran mahasiswa se-Asia Tenggara itu di hadiri, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Dr. Elprianto M.Pd, Wakil Dekan III Hj. Dewi Kesuma, M.Hum Ketua Prodi Bahasa Ingris dan Matematika, Hadir juga Ketua Kantor Urusan Internasional (KUI) UMSU dr. Eka Airlangga, M.Ked. dan beberapa pengurus KUI Lainnya Rabu , (17/1/2018)

 

Share.

About Author

Leave A Reply