Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara sepakat menjalin kerjasama peningkatan kualitas pendidikan dengan empat universitas di Inggris.

Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP mengatakan, kesepakatan kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan MoU dengan empat universitas di Inggris yakni, Coventry university, Du Monfort University, Harper Adam University dan Bradford University. “Dengan penandatanganan MoU ini, maka ke depan mahasiswa UMSU memiliki kesempatan untuk menimba ilu di Inggris,” katanya kepada wartawan di Medan, Rabu (28/9).

Penandatanganan MoU ini merupakan inisiasi dan koordinasi Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah bersama Kantor Urusan Internasional  Perguruan Tinggi Muhammadyah. Kegiatan yang diiringi dengan kunjungan studi banding ini diikuti 43 peserta dari 27 Perguruan Tinggi Muhammadiyah se Indonesia.

Dijelaskan rektor, empat universitas di Inggris yang menjalin kerjasama dengan UMSU sudah cukup dikenal. Coventry University merupakan universitas komprehensif dengan beragam jurusan, selain kesehatan, yang merupakan universitas dengan peringkat ke-15 se Inggris Raya menurut Guardian University Guide 2016 and 2017. Universitas ini juga masuk dalam  Top 4 Student Experience menurut versi yang sama dan saat ini Coventry memiliki 35 ribu mahasiswa.

Sedangkan De Monfort merupakan 30 Top Student Satisfaction dan menduduk ranking 150 Times Higher Education (THE).Sementara Harper Adam merupakan universitas dengan kemajuan teknologi pertanian yang sangat baik di Inggris.

“Semua universitas banyak menerima mahasiswa asing dan siap menerima mahasiswa kerjasama asal Indonesia termasuk asal Sumatera Utara,” katanya.

Disebutkan, empat universitas itu juga mempunyai studi-studi unggulan seperti bisnis dan management, hukum, social sciences, kesehatan dan pertanian.

“Proses kerjasama sendiri meliputi joint research dan kuliah tamu serta pertukaran mahasiswa,” katanya.

UMSU jelasnya akan menindaklanjuti dan memanfaatkan MOU dengan kedua universitas Inggris tersebut khusus untuk seluruh mahasiswa UMSU yang berminat mengembangkan diri dan punya keinginan kuat untuk berkembang.
Kantor Urusan Internasional (KUI) UMSU akan membantu pimpinan prodi dan mahasiswa serta dosen UMSU untuk Internships (pemagangan),  student  mobility, PhD. student degree, maupun kolaborasi – kolaborasi lainnya di bidang kesehatan, bisnis, teknik informasi, dan manajemen.

Dalam kunjungan ke Inggris,11-14 Sept 2017, UMSU bersama PTM lainnya juga singgah ke Universitas Westminster di London dan Universitas Paris Sorbonne di Paris yang punya keunggulan di bidang teknologi, hukum dan ilmu ilmu sosial. Kunjungan tersebut juga dalam rangka menjajaki kerjasama yang diharapkan akan lebih meningkatkan kualitas pendidikan.

Duta besar RI untuk Inggris Dr Rizal Sukma didampingi  atase pendidikan Prof.E.Aminudin Azis PhD menyambut baik MoU ini dan siap utk mendampingi proses studi lanjut mahasiswa Muhammadiyah khususnya UMSU. Kedubes juga siap mengusahakan dispensasi uang kuliah  hingga 50 persen.

Dubes berharap, ada lebih banyak mahasiswa Indonesia menimba ilmu di Inggris yang dikenal memiliki  banyak perguruan tinggi berkualitas. Lewat kerjasama bidang pendidikan ini juga diharapkan bisa makin mempererat hubungan kedua negara.

Share.

About Author

Leave A Reply