Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mengirimkan sejumlah mahasiswanya untuk mengikuti program magang internasional ke Malaysia. Program magang internasional tersebut bekerja sama dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Johor Bahru, Malaysia.

Mahasiswa yang mengikuti program magang ke luar negeri itu di antaranya, Irfan Tajudin dari Prodi Ilmu Komunikasi FISIP dan Syafitri Mentari Prodi Bahasa Inggris FKIP. Dengan didampingi oleh orang tua masing-masing, keduanya dilepas secara resmi oleh Rektor UMSU Dr Agussani MAP diwakili Wakil Rektor (WR) I Dr H Muhammad Arifin SH MHum bersama WR III Rudianto SSos MIKom, di kampus Jalan Mukhtar Basri, Medan, Selasa (18/4/2017)

Turut hadir dalam acara itu, Sekertaris UMSU Gunawan SPdI MTh dan serta Ketua Kantor Urusan Internasional (KUI) UMSU dr Eka Airlangga MKed (Ped) SpA.

Rektor UMSU yang diwakili WR I Dr Muhammad Arifin menuturkan, program mahasiswa magang di luar negeri ini difasilitasi KUI UMSU yang bekerja sama dengan KJRI, Johor Bahru, Malaysia. Nantinya mahasiswa peserta magang akan ditempatkan di KJRI selama sekitar satu bulan.

“UMSU melalui KUI saat ini telah merancang program magang dan kuliah kerja nyata nasional dan internasional. UMSU sebelumnya juga telah mengirimkan mahasiswa mengikuti program magang internasional di Amerika dan Vietnam,” ungkap Arifin.

Diutarakannya, melalui program magang internasional ini diharapkan akan menambah pengetahuan dan mengasah kompetensi mahasiswa, sehingga mampu menjawab tantangan dan persaingan di masyarakat yang semakin ketat.

Arifin melanjutkan, banyak hal yang bisa didapatkan oleh mahasiswa yang mengikuti program magang internasional. Bagi Irfan dan Mentari, magang di KJRI Johor Bahru ini bisa dimanfaatkan untuk mengasah kemampuan komunikasi dan Bahasa Inggris.

“Dalam program magang internasional ini, mahasiswa harus benar-benar mempersiapkan diri khususnya mental dan spiritual. Sebab, bukan hanya membawa nama pribadi tapi juga lembaga dan daerah. Namun, saya percaya, yang mengikuti program magang internasional ini merupakan mahasiswa pilihan, serta mendapat dukungan dari orang tua,” sebutnya.

WR III UMSU Rudianto SSos MIKom menuturkan, program magang internasional yang diikuti mahasiswa menjadi nilai tambah dan kebanggan tersendiri bagi UMSU. Bagi pengelola prodi, perlu dicatat sebagai motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk mendorong peningkatan kualitas pendidikan melalui kerjasama internasional.

“Diharapkan mahasiswa yang mengikuti program magang internasional bisa membawa nama baik universitas. Tunjukkan prestasi yang diukur dengan pekerjaan yang dilakukan selama magang,” kata Rudianto.

Share.

About Author

Leave A Reply