Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dan Universitas Negeri Medan (Unimed) menandatangani nota kesepahaman dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Penandatangan kerjasama ini dilakukan langsung oleh Rektor UMSU Dr Agussani, MAP dan Rektor Unimed Prof Dr Syawal Gultom, M.Pd  di Aula Kampus Fakultas Kedokteran UMSU Jalan Gedung Arca Medan,  Kamis (23/3).

Selain Rektor dan  pejabat Unimed, turut hadir WR I UMSU Dr Muhammad Arifin Gultom, WR II Akrim, M.Pd, Sekretaris Rektor Gunawan, M.Th, para pimpinan fakultas, lembaga dan para dosen di lingkungan UMSU.

Rektor Unimed Prof Dr Syawal Gultom mengatakan, kerjasama dengan UMSU bernilai penting karena bukan hanya UMSU yang bisa menggali pengalaman dari Unimed tetapi juga Unimed bisa belajar dari yang baik di UMSU. Kerjasama ini meliputi pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Menurut Prof Syawal,  Unimed tidak tertutup kemungkinan melakukan penelitian bersama. Unimed, lanjutnya, siap membantu UMSU dan menjadi banch marking dalam penyusunan borang akreditasi. Menurut Prof Syawal, UMSU seharusnya bisa meraih akreditasi A.Kuncinya harus konsisten dan komitmen dalam menjalankan program yang disusun. Dalam kesempatan itu, Prof Syawal, berbagi tips dalam meraih akreditasi A. Salah satu hal yang terpenting dilakukan adalah melakukan survei untuk mendapatkan data.

Mengelola perguruan tinggi harus berbasis data. Bangsa ini juga harus dikelola dengan berbasis data karena data cepat mengubah perilaku. Contohnya survei tentang kepuasan terhadap pengajaran. Dengan data hasil survei, menurut Prof Syawal, maka bisa jadi bahan evaluasi sehingga dosen bisa meningkatkan kualitas pembelajaran.

Rektor UMSU Dr Agussani, MAP mengatakan, penandatanganan MoU antara UMSU dan Unimed begitu juga penandatangan naskah kerjasama Lembaga Peningkatan dan Pengembangan Ilmiah Aktivitas Instruksional (LP2AI) Unimed dengan Fakultas Kedokteran UMSU  bernilai strategis karena dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat UMSU juga dapat menimba pengalaman dari Unimed yang merupakan PT satu-satunya di Sumut yang meraih akreditasi A. “UMSU bisa belajar banyak dari Unimed khususnya dalam pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, rektor menjelaskan posisi UMSU yang saat ini berada di urutan ke-6 dari 172 PTM se-Indonesia. UMSU, lanjutnya, diberikan amanah untuk mampu meningkatkan akreditasi PT dari B menjadi A sehingga kerjasama dengan Unimed diharapkan bisa mendorong proses peningkatan nilai akreditasi. Penandatanganan MoU dilanjutkan dengan pelatihan Applied Approach (AA) selama tiga hari bagi dosen UMSU di Aula FK UMSU.

Share.

About Author

Leave A Reply