Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Sumantri mengharapkan perguruan tinggi di Sumatera Utara termasuk UMSU ikut berperan menanamkan jiwa nasionalisme pada mahasiswa sehingga lulusannya memiliki kecintaan pada tanah air, tetap menjaga dan merawat NKRI.

“Peran kampus sangat strategis untuk melakukan hal tersebut. Saya yakin itu, termasuk harapan saya pada UMSU  yang unggul cerdas terpercaya menjadi world class university, sejak awal cukup gencar melakukan sosialisasi tentang pentingnya nasionalisme pada mahasiswa,” kata Pangdam saat bersilaturahim di kampus UMSU Jalan Kapt. Mukhtar Basri,   Selasa (21/3). Kunjungan Pangdam ke UMSU didampingi lengkap para pejabat Kodam termasuk Asintel Kolonel Maulana Ridwan, Dandim 0201/BS, Aster dan Denpom serta Danramil setempat. Pangdam dan rombongan langsung disambut Rektor UMSU Dr Agussani MAP bersama Sekretaris Rektor Gunawan, M.Th, WR I Dr Muhammad Arifin Gultom, WR II Akrim, M.Pd, Ketua Badan Pembina Harian UMSU Drs H Firdaus Naly, PW Muhammadiyah, sivitas akademika serta  ustadz Amhar Nasution dan Buya KH Amiruddin MS. Sebelum santap siang bersama di Aula UMSU,  Pangdam dan pejabat di lingkungan Kodam bersama rektor shalat Zuhur berjamaah di Masjid Taqwa lingkungan kampus.

Lebih lanjut Pangdam kepada wartawan mengatakan, kampus juga berperan untuk mendorong mahasiswa berinovasi untuk kemajuan bangsa ke depan. “Saya harapkan  mahasiswa sebagai generasi penerus saat kita setelah meninggalkan estafet kepemimpinan bisa memimpin lebih baik lagi,” katanya.

Menurut Pangdam, kampus yang kuat menanamkan jiwa nasionalisme akan menghasilkan lulusan yang berinovasi melanjutkan estafet kepemimpinan bangsa ini dalam rangka mempertahankan NKRI, di samping meningkatkan kesejahteraan  masyarakat dan bangsa. Hal ini tentunya dapat meningkatkan kewibawaan Indonesia di mata dunia.

Sementara itu Rektor UMSU Dr Agussani, MAP mengapresiasi kunjungan Pangdam dan saling bersilaturahim dengan sivitas akademika. Selama ini, lanjutnya, UMSU memiliki hubungan yang baik dengan jajaran Koramil, Kodim dan Kodam. Rektor optimis silaturahim dan  jamuan makan siang sivitas akademika UMSU bersama Pangdam dan jajarannya dapat meningkatkan kerjasama terutama melakukan pemberdayaan masyarakat. Selain itu terus memberi penguatan tentang wawasan kebangsaan pada generasi muda seperti yang diharapkan Pangdam kepada kampus-kampus.

Usai santap siang, Pangdam dan rombongan meninjau lingkungan kampus UMSU dan sempat berbincang-bincang dengan para mahasiswa. Pangdam juga meninjau  Klinik Pratama UMSU yang melayani BPJS.  Pangdam menerima tawaran dokter untuk mengecek tensi. tekanan darah. “Bapak sering olahraga ya, nampak dari tekanan darahnya (120/70). Bapak cukup sehat. Luar biasa,” kata seorang dokter. Lalu, Pangdam dengan seloroh menyampaikan “Pangdam harus sehat dong.”   Suasana kekeluargaan dan keakraban mewarnai kunjungan Pangdam dan pejabatnya sampai meninggalkan kampus.

Share.

About Author

Leave A Reply